30 March 2016

Naval Architecture / Teknik Perkapalan

Selamat pagi semua.
Pagi ini kita akan bercerita tentang "Naval Architecture" atau Teknik Perkapalan. Buat lulusan SMA yang bingung mau ambil jurusan apa, Teknik Perkapalan ini sangat direkomendasikan.

Teknik Perkapalan itu apa? Teknik Perkapalan itu bagaimana? Prospek kerja Teknik Perkapalan itu nanti bagaimana? Nah, disini biar saya jelaskan.


Teknik perkapalan adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mempelajari sebuah sistem kerja kapal yang menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi. Ilmu teknik perkapalan juga diterapkan dalam perkembangan bahari/kelautan di Indonesia, antara lain digunakan sebagai transportasi, eksplorasi hidrokarbon laut, fishing (pemancingan, red), rekreasi laut, dan juga keamanan perairan Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi di indonesia yang mempunyai jurusan teknik perkapalan antara lain:
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Indonesia
Universitas Diponegoro
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Universitas Hasanuddin Makassar
Universitas Pattimura Ambon

                                                                                      (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_perkapalan)

Belajar apa saja sih di Teknik Perkapalan?

Nah belajar banyak. Mulai dari merancang, mengerjakan sampai propes peluncuran kapal itu sendiri kita akan pelajari. Merancang rencana garis, rencana umum, rencana profil, kebutuhan mesin kapal, kebutuhan listrik kapal, stabilitas kapal dan lain-lain sehingga peluncuran kapal. Menarik bukan?

Untu prospek kerja Teknik Perkapalan itu bagaimana? AKan kita bahas nanti di post selanjutnya :)
Thank you

No comments:

Post a Comment